Mutia Salon Muslimah

Rabu, 14 April 2010

JURUS CERDAS BIKIN SALON MUSLIMAH


Adakah rencana Anda untuk membuka salon kecantikan muslimah. Untuk membuka salon muslimah tidak cukup hanya karena berdasarkan di daerah anda belum ada salon model ini. Tetapi Anda juga perlu mempertimbangkan faktor lain seperti apakah jumlah perempuannya cukup banyak terutama yang berjilbab karena pasar yang akan Anda jadikan konsumen adalah wanita muslimah walaupun selain muslimahpun boleh kecuali pria tentunya, dan jangan lupa apakah daya belinya cukup tinggi. Faktor ini penting karena salon adalah kebutuhan tersier bagi wanita dan hanya kalangan yang punya uang lebih yang sanggup datang ke salon.

Bagaimana prospek salon muslimah? Seiring dengan kesadaran tinggi para muslimah untuk mengenakan penutup auratnya, sudah tentu mereka butuh tempat yang nyaman dan eksklusif untuk merawat dirinya. Usaha ini kemungkinan besar bisa maju dan berkembang, kedepannya Anda bisa membuka cabang di tempat lain.

Syarat-syarat yang menunjang keberhasilan usaha salon muslimah tentunya perlu persiapan yang matang dan strategi pemasaran yang efektif. Untuk itu perlu dipersiapkan:

LOKASI USAHA YANG STRATEGIS. Pilihlah tempat usaha di tempat ramai, banyak kaum perempuan berjilbab, transportasinya mudah dijangkau, dan masyarakat setempat punya daya beli cukup tinggi

PERIZINAN. Izin disini bukan selalu bentuknya legalitas badan hukum. Bila Anda belum mampu, mengurus badan hukum izin usaha bisa diperoleh dari lingkungan sekitar seperti RT,RW atau Kelurahan setempat.

MODAL. Modal yang perlu disiapkan sebagai berikut:

Modal investasi awal untuk membuka usaha, seperti inventaris peralatan yang menunjang keperluan salon seperti meja, kaca rias, hair dryer, gunting rambut, dan sebagainya.

Modal operasional untuk membayar biaya operasional seperti bayar listrik, gaji karyawan, kas kecil dan lain-lain. Siapkan modal operasional minimal untuk 3 bulan berjalan.

Modal kerja untuk pembelian bahan baku salon yaitu peralatan kosmetik seperti shampoo, conditioner, krim rambut, dan sebagainya. Perlu disiapkan juga minimal 3 bulan.

KARYAWAN. Karyawan untuk salon tidak sekedar karyawan biasa tetapi harus tenaga ahli yang berpengalaman. USahakan yang mengenakan penutup aurat, hal ini untuk mendukung citra salon Anda dikalangan para muslimah. Di samping itu pelayanan yang ramah juga perlu diperhatikan utnuk menjaring pelanggan sebanyak-banyaknya.

STRATEGI PEMASARAN. Lakukan promosi yang efektif untuk menarik pengunjung antara lain menetapkan tarif yang kompetitif, adanya variasi jasa pelayanan seperti rias pengantin, persewaan gaun pengantin, melayani panggilan ke rumah, dan sebagainya. Aktif memperkenalkan usaha yang Anda miliki melalui forum pengajian, arisan, menyebar brosur/leaflet pada acara-acara keagamaan, tempel di kampus-kampus, masjid dan lain-lain

0 Komentar:

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

<< Beranda